Monday, February 7, 2011

BOLU KUKUS MEKAR

Kue ini adalah kue yang sering banget dibikin ibuku waktu aku kecil. Resepnya dari arisan PKK atau Dharma Wanita di kantor bapak. Resep ini ga aku modifikasi sama sekali, untuk menjaga orisinalitasnya..hehehe..bahan-bahannya mudah didapat dan variasinya juga banyak sekali. Kue ini juga yang membuat aku pede buat nyoba resep kue terutama kue-kue yang dikukus, soalnya bikin pertama langsung ngembang dengan suksesnya. Ini resepnya dari catatan resep ibuku:

Bahan:
2 telur utuh
1 kuning telur
250 gr gula pasir
15 gr emulsifier (ovalet/SP/TBM)
200 ml air soda
250 tepung terigu protein sedang (kalo di pasaran merk Segitiga Biru, aku pake Kunci Biru)
1 sdt baking powder (aku pake yang Double Acting)
1 sdt vanilie bubuk/ vanilie oil

Cara membuat:
1. Telur dan gula pasir dikocok dengan mixer, kecepatan tinggi selama 15 menit sampai putih dan mengental.
2. Tambahkan emulsifier, kocok lagi 10 menit kecepatan sedang
3. Tepung terigu dan air soda dimasukkan bergantian, dikocok sebentar asal campur
4. Baking powder dan vanilie bubuk dimasukkan, tetap dikocok dengan kecepatan rendah sebentar saja.
5. Siapkan kertas bolu kukus yang sudah dimasukkan ke cetakan bolu kukus, isi dengan adonan 3/4 penuh
6. Kukus dengan api besar selama 10 menit atau hingga matang (lakukan tes tusuk untuk mengecek).

No comments:

Post a Comment